Catatan unik seputar masalah komputer dan sekitarnya

Rabu, 26 Juni 2013

Monitor Blank namun Berkedip


Sudah sejak beberapa hari yang lalu seorang rekan kerja mengeluhkan komputernya yang sering blank pada layar LCD-nya setiap kali dinyalakan di pagi. Blank disini tidak sepenuhnya layar hitam, tapi layar ini tampak berkedip, seperti hendak menampilkan gambar namun gagal. Saya yang memeriksa awalnya menduga kabel VGA yang kendur atau kurang terpasang dengan baik. Saya coba lepas kabel ini, kemudian saya pasang kembali. Hasilnya, layar tidak blank lagi dan dapat menampilkan gambar dengan baik.

Hari kedua rekan saya meminta bantuan lagi, karena masalah yang sama muncul kembali. Kali ini saya coba dengan mengganti kabel VGA, karena bisa jadi kabel yang bermasalah. Setelah mengganti kabel, layar monitor kembali berfungsi dengan baik.

Hari ketiga, saya kembali dihubungi, karena masalah yang sama muncul kembali. Anehnya memang, masalah ini selalu muncul di pagi hari ketika komputer pertama kali dinyalakan. Jika layar sudah menampilkan gambar dengan baik, maka tidak aka nada masalah lagi sepanjang hari itu.

Karena tiga kali berulang kejadian yang sama, saya coba perhatikan kedipan di layar yang blank ini. Tampaknya power pada monitor tidak cukup kuat untuk menampilkan gambar, atau perlu waktu lebih lama untuk mengisi power monitor. Saya tidak terlalu heran dengan masalah kerusakan power supply monitor, karena sudah beberapa kali mengalami meskipun kasusnya berbeda.

Monitor LCD yang sudah berusia cukup lama, biasanya menghasilkan gambar lebih gelap atau adanya pixel yang mati yang dapat dilihat dengan adanya titik hitam di layar. Namun kasus lainnya adalah power supply yang lemah.

Untuk kasus power supply LCD yang lemah, yang beberapa kali saya tangani adalah layar yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menampilkan gambar. Kasus tampilan gambar yang berkedip tapi lebih cenderung blank baru kali ini saya alami.

Untuk kasus ini ada dua kemungkinan dugaan saya, yang pertama adalah power supply monitor ini, dan kemungkinan lainnya adalah VGA, meskipun saya tidak terlalu yakin VGA penyebabnya.

Jadi saya coba mengganti monitor teman saya ini dengan monitor cadangan, dan hasilnya, komputer dapat menampilkan gambar dengan baik. Tapi setiap kali kejadiannya selalu seperti ini, jadi saya hanya berpesan kepada teman saya,”Jika besok pagi kejadian yang sama berulang kembali, segera hubungi saya kembali” sementara monitor LCD teman saya, saya bawa dahulu untuk saya tes lebih lanjut.

Selanjutnya saya lakukan pengujian untuk monitor ini dengan memasangnya di komputer saya. Dan ternyata memang benar, layar langsung blank dan berkedip. Saya coba amati lebih lanjut, sepertinya terdengar suara tegangan yang masuk namun terputus berulang-ulang yang menyebabkan monitor berkedip.
Jadi untuk saat ini saya menyimpulkan monitor LCD memang mengalami kerusakan power supply atau power supply yang sudah lemah.

Jika anda pernah mengalami masalah yang sama, yaitu monitor berkedip namun lebih cenderung blank pada saat pertama kali menyalakan komputer di pagi hari, mungkin memang monitor anda yang mengalami kerusakan. Tapi kasus tampilan di layar yang berkedip juga bisa disebabkan oleh VGA. Jadi anda harus benar-benar memastikannya.

Saya menulis artikel pada hari saya mengganti monitor teman saya, jadi saya belum tahu apakah esok hari ia akan mengalami masalah yang sama lagi atau tidak. Saya akan coba update informasi kedepannya.

4 komentar:

  1. kesimpulannya yang rusak bagian mana pakde

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Anonim, kejadian seperti ini tidak bisa langsung disimpulkan. Monitor berkedip tetap ada dua kemungkinan, power supply monitor yang rusak/lemah atau VGA yang mengalami kerusakan. Saya sudah beberapa kali mengalami kasus seperti ini, ada yang penyebabnya VGA dan ada juga yang penyebabnya power supply monitor.

      Hapus
  2. Anehnya setelah dinyalakan vga posisi enable layar langsung berkedip tapi pas di disable iti tidak berkedip

    BalasHapus
  3. Kalo monitor pake adaptor, ganti adaptor dgn spesifikasi sama (ampere & voltase nya)...semoga membantu, tk's

    BalasHapus

Silakan memberikan komentar atau pertanyaan, namun mohon jangan melakukan spam.